Kuliner Indonesia

Saat bulan puasa, banyak orang Jakarta dengan mulai berburu kolang-kaling buat dijadikan santapan berbuka. Entah benar atau tidak, makanan kecil ape ini termasuk kudapan yang tak pernah pisah ditelan zaman. Menurut warga Jakarta, penamaan kue tersebut bermula pada kisah seseorang yang melakukan eksperimen guna membuat kue. Kalau engkau berkeinginan untuk mencicipi makanan kecil pepe, jangan sampai dilepaskan plastik permukaannya agar makanan kecil tidak lengket.

Selain dikenal dengan sebutan kue pepe, ternyata kue ini pula akrab dipanggil dengan makanan kecil lapis sagu karena dibuat dari adonan tepung sagu, tepung beras, gula pasir, dan santan. Orang Betawi nampak tak pernah berhenti dalam berkreasi untuk menambah kekayaan kulinernya. Sesuai namanya, kue ini terbuat dari tepung kanji atau masyarakat Betawi lebih akrab menyebutnya dengan tepung sagu. Bahan dasar kue ini adalah gula merah yang dicampur dengan sagu.

Begitu itu, kue sengkulun seharga berwarna cokelat karena mempergunakan pewarna alami berupa gula merah. Namun seiring kemajuankronologi, pertambahan, pertumbuhan, perubahan, perurutan, urut-urutan,, kue sengkulun mulai dimodifikasi dengan pewarna buatan. Di dalam bagian permukaan kue sengkulun tampak bintil-bintil kasar. Guna teksturnya, kue ini pelan, lunak, dan kenyal.

Kalau kamu bukan tahan untuk mencobanya, makanan kecil talam biasanya dijual rapi kue-kue basah lainnya. Makanan kecil talam merupakan sajian utama Betawi yang biasa dijadikan hidangan berbuka. Kue itu akan semakin nikmat bila disantap bersama teh redut. Di Internet sudah jumlah orang yang berbagi info tentang panduan untuk memproduksi kolang kaling.

Kue dengan menjadi olahan khas warga Betawi ini berwarna-warni jadi berpenampilan cantik. Kue putu mayang adalah warisan kuliner tradisional dari penduduk ibukota yang kerap disantap serupa hidangan pengganjal perut.

Kamu bisa dengan barang-kali mendapati kue ini pada toko-toko kue atau roti peranakan Tionghoa. Warna asfar ini merupakan efek dibanding penggunaan kuning telur. Di dalam bagian atas kue umumnya ditanam sebutir kismis guna pemercantik tampilan. Harga dibanding kue ini dipasarkan start dari Rp1. 500 masing-masing potong.

Berbeda dengan rasa dari kue sengkulun ini gurih karena pemanfaatan santan yang cukup lekat. Tapi untuk sekarang, roti sengkulun mulai hilang dibanding peredaran Jakarta. Pada ruang itu, atau dimulai semenjak abad ke-5, tanah Daerah khusus ibukota jakarta yang diserbu oleh bermacam2 etnik dan bangsa tetap bisa dengan mudahnya didapatkan kue ini. Kue sengkulun merupakan kuliner yang visibel lewat pengaruh kebudayaan Tionghoa.

Dari hasil olahan bahan tersebut terciptalah cita rasa manis dan gurih. Yang membedakannya adalah ukuran dari kue cincin lebih kecil sehingga tak heran jika disebut sebagai kue cincin.

kuliner jakarta